Berberapa waktu lalu, motor teman saya mengalami mati mesin, tidak mau di starter tangan maupun di engkol/ sela, setelah dibawa ke bengkel, ketika baut oli dibuka, hanya debu yang keluar, kemana olinya?.
Ternyata dia kehabisan oli, ini kesalahan cukup fatal bagi pengguna kendaraan, hiruk pikuknya pekerjaan dan jalanan jakarta, menjadi sebab utama dari masalah teman saya ini, dia malas untuk membawa motornya ke bengkel untuk sekedar service rutin.
Kenapa bisa kehabisan oli?
- Seal Oli bocor
seal oli merupakan tempat pembuangan oli dari mesin, berada dibawah mesin berbentuk baut atau dop. seperti halnya tutup keran air, seal oli bisa saja bocor, entah karena pemasangan yang tidak benar maupun ulir dari seal yang sudah tidak bagus, biasanya bengkel bengkel tidak berkompeten mengakalinya dengan cara memberi sealtip (solasi putih untuk keran air) di seal oli ini, itu sangat tidak dianjurkan karena bisa meleleh karena suhu mesin, dan dapat rusak lebih fatal. - Penguapan pada oli mesin
Oli mesin menjadi cepat menguap akibat terkena panas pada saat motor sedang digunakan. Mesin yang panas pada saat motor dikendarai di tengah kemacetan juga cepat habis karena terkena panas. Penggunaan motor secara tidak normal juga merupakan faktor yang menyebabkan oli terjadi penguapan. karena kondisi mesin yang cepat panas ketika sering membuka trothle gas besar besar. - Piston dan ring piston dalam kondisi aus
kondisi ausnya piston dan ring piston, sangat umum menjadikan oli menjadi habis, biasanya pengguna ini sudah pernah kehabisan oli sebelumnya, namun masih saja belum kapok 😅, piston dan ring piston yang aus, disebabkan karena gesekan ring piston atau piston di ruang bakar, yang seharusnya dilumasi oleh oli namun olinya sangat kotor atau bahkan habis, ring piston atau piston dapat terkikis bahkan rusak, itu menyebabkan oli bocor keruang bakar, dan menyebabkan kepulan asap dari kenalpot, seperti 2tak padahal motornya 4 tak.
Jadi berapa lama sih waktu yang tepat untuk melakukan service rutin? Atau hanya sekedar ganti oli?
sebenarnya dibuku service dari setiap motor terdapat keterangan jangka kilometer maupun bulan untuk patokan service maupun sekedar ganti oli, bahkan sparepart lain seperti rantai, van belt, filter udara hingga kampas rem terdapat dibuku service.
berikut contoh saran ganti oli yang saya temukan dari struk nota honda astra motor.
terlihat angka yang cukup besar kalau dipikir pikir, mungkin periode tersebut adalah batas maksimal sparepart tersebut dalam kondisi baik.
Komentar
Posting Komentar